Halaman

Cari Blog Ini

t

Senin, 02 April 2012

Published with Blogger-droid v2.0.4
Published with Blogger-droid v2.0.4

Cara Hacking Mikrotik Hotspot

Satu lagi cara berinternet gratis yaitu dengan meng-hack hotspot mikrotik. Sebenarnya cara ini sudah basi, tetapi karena baru saja saya mempraktekan maka saya tulis langkah-langkahnya. Disamping untuk mengingat kalau lupa kan bisa untuk sharing buat yang lain, yang mungkin belum tahu atau masih kurang paham. Biasanya kalau kita terhubung dengan hotspot mikrotik maka kita akan dihadapkan dengan menu mikrotik login sebelum kita bisa browsing.
Cara ini adalah untuk mem-by pass mikrotik login, sebenarnya lebih tepat kalau disebut cloning client. Intinya kita tidak harus login dulu untuk bisa browsing, karena target sudah login. Kita sebagai clone-nya jadi tidak perlu login. Trik ini hanya bisa jalan selama client yang kita clone masih terhubung ke hotspot.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Download dulu program Netcut,program ini untuk mengetahui MAC address yang terhubung dengan kita. Netcut bisa didownload disini
2.Koneksikan komputer kita dengan hotspot mikrotik
3.Jalankan program Netcut
4.Pilih LAN Card / NIC yang kita gunakan dengan mengklik menu Choice NetCard



5.Kemudian klik OK kembali ke layar utama, pilih salah satu network yang terkoneksi yang akan kita jadikan target (dalam contoh ini yang menjadi target adalah network dengan IP 192.168.182.18). Yang jelas bukan network kita atau network server.



6.Salin IP address dan MAC address, bisa juga dengan mengklik PrintTable kemudian blok dan copy paste ke notepad untuk langkah selanjutnya.


7.Setelah dipaste di notepad langkah selanjutnya edit nilai MAC address, pada contoh ini [00:26:5E:60:81:1C]. Hilangkan tanda [:] sehingga menjadi 00265E60811C. Nilai ini yang akan kita gunakan untuk merubah MAC address kita.
8.Selanjutnya kita disable dulu wireless LAN kita. Kemudian buka properties wireless LAN dan ubah nilai Local Administration MAC Network, default kosong. Isi dengan nilai tadi, pada contoh ini 00265E60811C



9.Kemudian kita set IP wireless LAN kita dengan IP yang sama yaitu 192.168.182.18 dan isi juga DNS server address.



Untuk DNS server address bisa dicek sebelum kita merubah MAC dan IP. Jadi waktu pertama kali kita terhubung ke hotspot, dengan cara mengetik perintah dari command prompt
C:\>ipconfig/all
10. Langkah terakhir adalah meng-enable kembali wireless LAN kita. Sekarang kita bisa browsing tanpa harus ijin pada yang punya hotspot.
11. Hasil :
Sebelum melakukan clone

Sesudah melakukan clone

Minggu, 01 April 2012

contoh RPP MTK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   .........................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/semester                  :   IV (Empat) /1 (satu)
Alokasi waktu                    :   6 x 35 menit  (4 X pertemuan)      

A.     Standar  Kompetensi       :          
1.  Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar
1.1  Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung

C.     Tujuan Pembelajaran**
§        Siswa dapat Mengetahui jenis operasi hitung secara Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )
§        Siswa dapat Memberikan contoh sehari-hari yang berhubungan dengan operasi hitung
§        Siswa dapat Melakukan penjumlahan dan perkalian dengan nol
§        Siswa dapat Melakukan perkalian dengan satu
§        Siswa dapat Melakukan perkalian dua angka dengan angka sebelas
§        Siswa dapat Melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan
§        Siswa dapat Mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan

v     Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar
Operasi Hitung Bilangan

 

Pertemuan Pertama :

1. Sifat Komutatif

Seperti yang telah kita ketahui, sifat komutatif disebut juga sifat pertukaran.
Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjumlahan berikut.
2 + 4 = 6
4 + 2 = 6
Jadi, 2 + 4 = 4 + 2.
Sifat seperti ini dinamakan sifat komutatif pada penjumlahan.
Sekarang, coba perhatikan perkalian berikut.
2 × 4 = 8
4 × 2 = 8
Jadi, 2 × 4 = 4 × 2.
Sifat seperti ini dinamakan sifat komutatif pada perkalian. Apakah sifat komutatif berlaku pada pengurangan dan pembagian?
Perhatikan contoh berikut.
a. 2 – 4 = –2 dan 4 – 2 = 2
Jadi, 2 – 4 tidak sama dengan 4 – 2, atau 2 – 4 ≠ 4 – 2.
b. 2 : 4 = 0,5 dan 4 : 2 = 2
Diperoleh bahwa 2 : 4 tidak sama dengan 4 : 2, atau 2 : 4 ≠ 4 : 2

Jadi, pada pengurangan dan pembagian tidak berlaku sifat komutatif.

 

Pertemuan Kedua :

2. Sifat Asosiatif

Pada penjumlahan dan perkalian tiga bilangan bulat berlaku sifat asosiatif atau disebut juga sifat pengelompokan. Perhatikanlah contoh penjumlahan tiga bilangan berikut.
(2 + 3) + 4 = 5 + 4 = 9
2 + (3 + 4) = 2 + 7 = 9
Jadi, (2 + 3) + 4 = 2 + (3 + 4).
Sifat seperti ini dinamakan sifat asosiatif pada penjumlahan.
Sekarang, coba perhatikan contoh perkalian berikut.
(2 × 3) × 4 = 6 × 4 = 24
2 × (3 × 4) = 2 × 12 = 24
Jadi, (2 × 3) × 4 = 2 × (3 × 4).
Sifat ini disebut sifat asosiatif pada perkalian.
Pertemuan Ketiga :

 

3. Sifat Distributif

Selain sifat komutatif dan sifat asosiatif, terdapat pula sifat distributif. Sifat distributif disebut juga sifat penyebaran. Untuk lebih memahaminya, perhatikanlah contoh berikut.
Contoh 1
Apakah 3 × (4 + 5) = (3 × 4) + (3 × 5)?
Jawab:
3 × (4 + 5) = 3 × 9 = 27
(3 × 4) + (3 × 5) = 12 + 15 = 27
Jadi, 3 × (4 + 5) = (3 × 4) + (3 × 5).
Contoh 2
Apakah 3 × (4 – 5) = (3 × 4) – (3 × 5)?
Jawab:
3 × (4 – 5) = 3 × (–1) = –3
(3 × 4) – (3 × 5) = 12 – 15 = –3
Jadi, 3 × (4 – 5) = (3 × 4) – (3 × 5).
Contoh 1 dan Contoh 2 menunjukkan sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan dan pengurangan.
Pertemuan Keempat :

 

4. Menggunakan Sifat-Sifat Operasi Hitung

Sifat distributif dapat kamu gunakan pada perkalian dua bilangan. Pada perkalian tersebut, salah satu bilangannya merupakan bilangan yang cukup besar. Agar kamu lebih memahaminya, coba pelajari contoh-contoh berikut.
Contoh 1
a. 8 × 123 = ...
b. 6 × 98 = ...
Jawab:
a. 8 × 123 = 8 × (100 + 20 + 3)
                  = (8 × 100) + (8 × 20) + (8 × 3)
                  = 800 + 160 + 24 = 984
Jadi, 8 × 123 = 984.
b. 6 × 98 = 6 × (100 – 2)
               = (6 × 100) – (6 × 2)
               = 600 – 12
               = 588
Jadi, 6 × 98 = 588.
Contoh 2
a. (3 × 46) + (3 × 54) = ....
b. (7 × 89) – (7 × 79) = ....
Jawab:
a. (3 × 46) + (3 × 54) = 3 × (46 + 54)
                                    = 3 × 100
                                    = 300
Jadi, (3 × 46) + (3 × 54) = 300.
b. (7 × 89) – (7 × 79) = 7 × (89 – 79)
                                   = 7 × 10
                                   = 70
Jadi, (7 × 89) – (7 × 79) = 70.
E.     Metode Pembelajaran
Games, Tanya Jawab, dan Latihan

F.      Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
§        Kegiatan awal
Prasarat Pengetahuan :
-         Sebuatkan jenis-jenis operasi hitung..?
-         Bagaimanakan cara-cara penyelesaian operasi hitung menggunakan operasi hitung ?
Motivasi :
-         Pemahaman menggunakan sifat-sifat operasi hitung.
-         Guru menuliskan tujuan pembelajaran
Pra Pembelajaran :
-         Siswa lebih hati-hati dalam menyelesaikan operasi hitung
-         Memberikan games menarik untuk membangkitkan semangat belajar siswa.
§        Kegiatan Inti    
&               Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
&               Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi contoh besaran  sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan jenis operasi hitung secara Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )
F     Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&                  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Menyimpulkan materi dan memberikan tugas rumah untuk memantapkan pemahaman siswa.

Pertemuan ke-2
§        Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
-         Mengingatkan kembali materi sebelumnya.
-         Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat.
§        Kegiatan Inti
&               Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung secara Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )
&               Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat melakukan:
v     penjumlahan dan perkalian dengan nol
v     perkalian dengan satu
v     perkalian dua angka dengan angka sebelas
&               Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Menyimpulkan materi
F     Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke-3
§        Kegiatan awal
-         Apresepsi/ Motivasi
-         Mendengarkan ceritra lucu yang berkaitan dengan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan.
§        Kegiatan Inti
&               Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
&               Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Melakukan percobaan, diskusi, tanya jawab dan  latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan secara Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )
&               Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Menyimpulkan materi
F     Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F     Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke-4
§         Kegiatan awal
-         Apresepsi/ Motivasi
-         Mengingatkan kembali tentang  konsep bilangan bulat dan contohnya.
§         Kegiatan Inti
&               Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung secara Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )
&               Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan
&               Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Menyimpulkan materi
F     Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F     Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§        Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4,
§        Buku lain yang relevan
§        Kegiatan keseharian yang relevan
H.    Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
o    Melakukan operasi hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran
o    Menentukan hasil  perkalian dengan bilangan 0 dan 1
o    Menentukan hasil pembagian dengan bilangan 0 dan 1

Tugas Individu
dan Kelompok



Laporan buku pekerjaan rumah





o    Sebutkanlah operasi hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran
o    Tentukan hasil  perkalian dengan bilangan 0 dan 1
o    Tentukan hasil pembagian dengan bilangan 0 dan 1

 

Contoh soal :

1. Sifat Komutatif



2. Sifat Asosiatif


3. Sifat Distributif

 

4. Menggunakan Sifat-Sifat Operasi Hitung



Format Kriteria Penilaian      
&       Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&       Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1







 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@    Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika


          ..................................                                            ..................................