Halaman

Cari Blog Ini

t

Minggu, 01 April 2012

contoh RPP MTK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   .........................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/semester                  :   IV (Empat) /1 (satu)
Alokasi waktu                    :   6 x 35 menit  (4 X pertemuan)      

A.     Standar  Kompetensi       :          
1.  Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar
1.1  Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung

C.     Tujuan Pembelajaran**
§        Siswa dapat Mengetahui jenis operasi hitung secara Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )
§        Siswa dapat Memberikan contoh sehari-hari yang berhubungan dengan operasi hitung
§        Siswa dapat Melakukan penjumlahan dan perkalian dengan nol
§        Siswa dapat Melakukan perkalian dengan satu
§        Siswa dapat Melakukan perkalian dua angka dengan angka sebelas
§        Siswa dapat Melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan
§        Siswa dapat Mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan

v     Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar
Operasi Hitung Bilangan

 

Pertemuan Pertama :

1. Sifat Komutatif

Seperti yang telah kita ketahui, sifat komutatif disebut juga sifat pertukaran.
Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjumlahan berikut.
2 + 4 = 6
4 + 2 = 6
Jadi, 2 + 4 = 4 + 2.
Sifat seperti ini dinamakan sifat komutatif pada penjumlahan.
Sekarang, coba perhatikan perkalian berikut.
2 × 4 = 8
4 × 2 = 8
Jadi, 2 × 4 = 4 × 2.
Sifat seperti ini dinamakan sifat komutatif pada perkalian. Apakah sifat komutatif berlaku pada pengurangan dan pembagian?
Perhatikan contoh berikut.
a. 2 – 4 = –2 dan 4 – 2 = 2
Jadi, 2 – 4 tidak sama dengan 4 – 2, atau 2 – 4 ≠ 4 – 2.
b. 2 : 4 = 0,5 dan 4 : 2 = 2
Diperoleh bahwa 2 : 4 tidak sama dengan 4 : 2, atau 2 : 4 ≠ 4 : 2

Jadi, pada pengurangan dan pembagian tidak berlaku sifat komutatif.

 

Pertemuan Kedua :

2. Sifat Asosiatif

Pada penjumlahan dan perkalian tiga bilangan bulat berlaku sifat asosiatif atau disebut juga sifat pengelompokan. Perhatikanlah contoh penjumlahan tiga bilangan berikut.
(2 + 3) + 4 = 5 + 4 = 9
2 + (3 + 4) = 2 + 7 = 9
Jadi, (2 + 3) + 4 = 2 + (3 + 4).
Sifat seperti ini dinamakan sifat asosiatif pada penjumlahan.
Sekarang, coba perhatikan contoh perkalian berikut.
(2 × 3) × 4 = 6 × 4 = 24
2 × (3 × 4) = 2 × 12 = 24
Jadi, (2 × 3) × 4 = 2 × (3 × 4).
Sifat ini disebut sifat asosiatif pada perkalian.
Pertemuan Ketiga :

 

3. Sifat Distributif

Selain sifat komutatif dan sifat asosiatif, terdapat pula sifat distributif. Sifat distributif disebut juga sifat penyebaran. Untuk lebih memahaminya, perhatikanlah contoh berikut.
Contoh 1
Apakah 3 × (4 + 5) = (3 × 4) + (3 × 5)?
Jawab:
3 × (4 + 5) = 3 × 9 = 27
(3 × 4) + (3 × 5) = 12 + 15 = 27
Jadi, 3 × (4 + 5) = (3 × 4) + (3 × 5).
Contoh 2
Apakah 3 × (4 – 5) = (3 × 4) – (3 × 5)?
Jawab:
3 × (4 – 5) = 3 × (–1) = –3
(3 × 4) – (3 × 5) = 12 – 15 = –3
Jadi, 3 × (4 – 5) = (3 × 4) – (3 × 5).
Contoh 1 dan Contoh 2 menunjukkan sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan dan pengurangan.
Pertemuan Keempat :

 

4. Menggunakan Sifat-Sifat Operasi Hitung

Sifat distributif dapat kamu gunakan pada perkalian dua bilangan. Pada perkalian tersebut, salah satu bilangannya merupakan bilangan yang cukup besar. Agar kamu lebih memahaminya, coba pelajari contoh-contoh berikut.
Contoh 1
a. 8 × 123 = ...
b. 6 × 98 = ...
Jawab:
a. 8 × 123 = 8 × (100 + 20 + 3)
                  = (8 × 100) + (8 × 20) + (8 × 3)
                  = 800 + 160 + 24 = 984
Jadi, 8 × 123 = 984.
b. 6 × 98 = 6 × (100 – 2)
               = (6 × 100) – (6 × 2)
               = 600 – 12
               = 588
Jadi, 6 × 98 = 588.
Contoh 2
a. (3 × 46) + (3 × 54) = ....
b. (7 × 89) – (7 × 79) = ....
Jawab:
a. (3 × 46) + (3 × 54) = 3 × (46 + 54)
                                    = 3 × 100
                                    = 300
Jadi, (3 × 46) + (3 × 54) = 300.
b. (7 × 89) – (7 × 79) = 7 × (89 – 79)
                                   = 7 × 10
                                   = 70
Jadi, (7 × 89) – (7 × 79) = 70.
E.     Metode Pembelajaran
Games, Tanya Jawab, dan Latihan

F.      Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
§        Kegiatan awal
Prasarat Pengetahuan :
-         Sebuatkan jenis-jenis operasi hitung..?
-         Bagaimanakan cara-cara penyelesaian operasi hitung menggunakan operasi hitung ?
Motivasi :
-         Pemahaman menggunakan sifat-sifat operasi hitung.
-         Guru menuliskan tujuan pembelajaran
Pra Pembelajaran :
-         Siswa lebih hati-hati dalam menyelesaikan operasi hitung
-         Memberikan games menarik untuk membangkitkan semangat belajar siswa.
§        Kegiatan Inti    
&               Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
&               Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi contoh besaran  sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan jenis operasi hitung secara Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )
F     Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&                  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Menyimpulkan materi dan memberikan tugas rumah untuk memantapkan pemahaman siswa.

Pertemuan ke-2
§        Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
-         Mengingatkan kembali materi sebelumnya.
-         Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat.
§        Kegiatan Inti
&               Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung secara Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )
&               Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat melakukan:
v     penjumlahan dan perkalian dengan nol
v     perkalian dengan satu
v     perkalian dua angka dengan angka sebelas
&               Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Menyimpulkan materi
F     Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke-3
§        Kegiatan awal
-         Apresepsi/ Motivasi
-         Mendengarkan ceritra lucu yang berkaitan dengan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan.
§        Kegiatan Inti
&               Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
&               Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Melakukan percobaan, diskusi, tanya jawab dan  latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan secara Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )
&               Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Menyimpulkan materi
F     Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F     Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke-4
§         Kegiatan awal
-         Apresepsi/ Motivasi
-         Mengingatkan kembali tentang  konsep bilangan bulat dan contohnya.
§         Kegiatan Inti
&               Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung secara Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )
&               Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan
&               Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Menyimpulkan materi
F     Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F     Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§        Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4,
§        Buku lain yang relevan
§        Kegiatan keseharian yang relevan
H.    Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
o    Melakukan operasi hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran
o    Menentukan hasil  perkalian dengan bilangan 0 dan 1
o    Menentukan hasil pembagian dengan bilangan 0 dan 1

Tugas Individu
dan Kelompok



Laporan buku pekerjaan rumah





o    Sebutkanlah operasi hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran
o    Tentukan hasil  perkalian dengan bilangan 0 dan 1
o    Tentukan hasil pembagian dengan bilangan 0 dan 1

 

Contoh soal :

1. Sifat Komutatif



2. Sifat Asosiatif


3. Sifat Distributif

 

4. Menggunakan Sifat-Sifat Operasi Hitung



Format Kriteria Penilaian      
&       Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&       Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1







 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@    Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika


          ..................................                                            ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar